jam gadget animation

A

Selasa, 24 Juni 2014

Budaya Korupsi Di Kalangan Masyarakat Indonesia

Budaya korupsi di kalangan masyarakat indonesia

          Kebanyakan masyarakat  indonesia dewasa ini  atau bahkan di negara lainpun banyak yang telah  mengetahui dan mengakui bahwa korupsi terjadi di banyak tempat. Dengan teknologi yang berkembang seperti saat ini masalah terjadinya korupsi bisa cepat tersebar bahkan anak kecil dapat mengetahui tentang apa itu korupsi. Bahkan lagu tentang korupsipun dapat dengan fasih di hafalkan oleh anank  anak seperti  lagu yang di ciptakan oleh gayus tambunan ahir tahun lalu.peran  surat kabar harian, berita program di TV dan di radio yang  telah melaporkan  peristiwa korupsi yang  dilakukan dimana-mana, hampir di semua departemen atau pelayanan publik negeri ini.seperti  Korupsi yang  terjadi di departemen pendidikan kesehatan, dan bank.contoh kecilnya Ketika kita berhasil mendapatkan beberapa dokumen di kantor layanan publik, kita biasanya membutuhkan uang banyak untuk membayar. Manipulasi terjadi dimana-mana.
            Tindakan untuk menghilangkan korupsi di masyarakat sangatlah  lemah.hal ini di karenakan  Budaya korupsi  semakin kuat dan mengakar di masyarakat. Tampaknya budaya korupsi ini tidak akan berakhir apabila  lembaga-lembaga yang bertanggung jawab tidak memperkuat keadilan hari ini masalah  korupsi ini. Ini adalah yang terburuk. Korupsi bahkan  terjadi di instalasi pemerintah yang di anggap sebagai tempat kedilan dalam mengadili terhadap pelaku korupsi seperti di kepolisian dan  pengadilan. dimana hakim,jaksa,pengacara membuat kesepakatan untuk melakukan korupsi. Melihat kejadian ahir ahir tahun lalu kami  juga mendengar pada tahun 2004, Probosutejo melaporkan bahwa ia telah menyuap Mahkamah Agung, atau disebut Mahkamah Agung yang terjadi tingkat tertinggi dimana keadilan itu dapat diperoleh. Bahkan pada tahun ini masyarakat indonesia di kejutkan dengan peristiwa korupsi yang di lakukan oleh  Akil Moctar yang berkedudukan sebagai hakim agung di mahakamah konstitusi. Mungkin anda harus mencoba untuk datang ke pengadilan setempat dan melihat apa yang terjadi disana. Anda akan melihat praktek-praktek penyuapan dan korupsi jenis lain. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa korupsi menjadi budaya kita. Anda suka?
            Warga tidak memiliki niat baik untuk memerangi korupsi. Mereka menciptakan situasi di mana memiliki peluang untuk melakukan korupsi. contoh saja Warga suka melanggar aturan karena mereka tidak disiplin , seperti ketika mereka mengendarai mobil atau sepeda motor , mereka tidak memiliki izin mengemudi atau dokumen yang diperlukan.   Ahaknketikadi jalan mereka dengan sadar melakukan pelanggaran hanya dengan alasan yang kecil., mereka di tangkap oleh polisi setempat. Untuk menghindari kesulitan lebih, mereka suka menyuap petugas. Petugas membiarkan mereka pergi dengan bebasnya. Dengan kata lain, warga dan petugas yang sama, melakukan korupsi bersama-sama. Jika hanya orang-orang yang kritis, disiplin, dan mematuhi aturan, dan bersedia untuk melaporkan  setiap perilaku yang salah, negara ini tidak akan menjadi nomor satu negara merusak di dunia.
            Kesimpulan yang dapat   kita ambil dari berbagai uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa korupsi menjadi budaya buruk di Indonesia jika tidak segera diakhiri oleh kita semua. Tampaknya harus ada hukuman yang lebih berat bagi koruptor. Apakah kita masih peduli dengan masa depan negara ini?  Harusnya jawaban ini tidaklah lain harus terjawab dengan kata iya siapa lagi yang pedulijika bukan kita sebagai penerus bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar