jam gadget animation

A

Jumat, 20 Juni 2014

Fungsi dan Peranan Lembaga Pendidikan

Fungsi dan Peranan Lembaga Pendidikan

 

Pendidikan adalah usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan. Usaha-usaha yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma tersebut serta mewariskannya kepada generasi berikutnya untuk dikembangkan dalam hidup dan kehidupan yang terjadi dalam suatu proses pendidikan. Sehingga, pendidikan memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
Pendidikan berfungsi untuk memberikan arah terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia dan lingkungannya. Pertumbuhan dan perkembangan dan perubahan tersebut harus terorganisasi dan diarahkan sedemikian rupa menuju kepada tujuan akhir pendidikan sebagaimana yang telah ditetapkan. Untuk itu srana pendidikan atau lembaga-lembaga pendidikan merupakan penyalur pendidikan itu sendiri.
Adanya aktivitas dan lembaga-lebaga pendidikan merupakan jawaban atas problema dari perkembangan manusia itu sendiri. Pendidikan yang akan membentuk dan membina bentuk-bentuk dengan tingkah laku tertentu dalam keadaan tertentu, maka lembaga-lembaga pendidikan menghendaki perlakuan tertentu pula. Peranan lembaga-lembaga pendidikan itu berbeda-beda, tergantung pada lingkungan mana lembaga itu berdiri, keluarga, sekolah maupun masyarakat yang saling berhubungan satu sama lain.
Fungsi pendidikan dalam hidup dan kehidupan manusia diakui bahwa pendidikan sebagai satu kekuatan (Education as Power) yang menentukan prestasi dan produktivitas di bidang yang lain.
Dengan demikian fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia untuk menjadikan manusia yang berkualitas. Dalam artian manusia yang mempunyai keterampilan, kecerdasan dan perilaku yang dapat memberikan pengaruh baik dalam masyarakat bahkan dapat mengubah keadaan masyarakat ke arah yang lebih baik. Baik itu pendidikan formal maupun informal.

 Penulis:     Yuliana Putri Sari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar