jam gadget animation

A

Sabtu, 21 Juni 2014

Menurut pandangan kalian bagaimana tentang Matematika???

Menurut pandangan kalian bagaimana tentang Matematika???


Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern yang mempunyai peranan penting. Dalam berbagai disiplin ilmu dan mengembangkan daya pikir manusia. Matematika diperlukan dalam mempelajari ilmu sejarah, ilmu-ilmu alam, ilmu ekonomi, komputer dan membentuk pola pikir manusia sehingga dapat menganalisis dan memaksimalkan dalam pengambilan keputusan, ini dilandasi oleh perkembangan matematika dibidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, statistika dan matematika diskrit.
Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada peserta didik mulai sekolah dasar sampai tingkat lanjutan berupa matematika praktis dan terapan untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berfikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif, namun tidak semua peserta didik menguasainya dengan baik.
Pembelajaran matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan, susah dan menakutkan baik pada tingkat dasar sampai tingkat lanjutan di perguruan tinggi kecuali bagi yang sudah mengambil spesialisasi pada ilmu eksakta.
Guru harus banyak memberikan soal-soal dalam bentuk kuis atau mengerjakan soal-soal dalam buku paket, dimana siswa dibimbing mengerjakan soal dibangku dan kedepan kelas. Soal yang diberikan mulai dari yang mudah sampai yang sulit seperti soal UAN. Hal ini sesuai dengan pendapat Ngalim Purwanto(1990: 103) sebagai berikut: “Karena terlatih,karena seringkali mengulang sesuatu maka kecakapan dan pengetahuan yang dimilikinya dapat menjadi makin dikuasainya dan makin mendalam. Sebaliknya tanpa latihan pengalaman – pengalaman yang telah dimilikinya dapat menjadi hilang atau berkurang. Karena latihan, karena sering mengalami sesuatu, seseorang dapat timbul minatnya kepada sesuatu itu. Makin besar minat makin besar pula perhatiannya sehingga memperbesar hasrat untuk mempelajarinya”.
Setelah di telusuri, terdapat beberapa masalah yang dihadapi siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika, antara lain :
1)   Siswa kurang memahami pengertian

Dari judul materi, sub materi dan uraian lainnya terdapat bahasa yang sangat matematis dan ilmiah bagi siswa.
2)   Siswa sulit membaca

Karena siswa tidak paham pengertian sehingga juga sulit membaca notasi, lambang-lambang dan menterjemahkan matematika secara bahasa.
3)   Sulit menuturkan

Ini terkait dengan kemampuan memahami pengertian dan membaca sehingga juga tidak dapat menuturkan.
4)   Sulit melakukan perhitungan

Siswa kurang terampil dalam mengerjakan soal, tidak tahu mana yang harus didahulukan atau dikemuiankan dengan rumus-rumus apa dan ketentuan yang mana.

Bagaimana Cara Kalian mengatasi permasalahan tentang Matematika???
Ingin Sukses mengerjakan soal matematika..


Ada Beberapa trik yang dapat kalian tempuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar