jam gadget animation

A

Selasa, 24 Juni 2014

Teks Eksposisi Tentang Pentingnya Berhijab Bagi Kaum Wanita


Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksposisi
1.MENENTUKAN TOPIK
Permasalan yang akan saya jadikan topik “SUATU KEWAJIBAN YANG SERING DIANGGAP REMEH YAITU BERHIJAB”
2.TUJUAN
            Untuk menyadarkan perempuan muslimah khususnya pada zaman sekarang akan pentingnya berhijab.
3. KERANGKA
            A. PENGERTIAN HIJAB
            B. HUKUM HIJAB
            C.HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI WANITA ENGGAN BERHIJAB
            D. PERBEDAAN WANITA BERHIJAB DAN TIDAK BERHIJAB
4 KESIMPULAN .





      
PENTINGNNYA BERHIJAB BAGI WANITA MUSLIMAH
A.Pengertian Hijab
Hijab (bahasa Arab: حجاب ħijāb) adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.
B.Hukum Hijab Bagi Wanita
Wanita pada saat ini sangat sulit untuk menutupi auratnya karena mereka mengikuti perkembangan zaman (mode),sehingga mereka mengabaikan perintah agama tentang menutup aurat. Aurat sendiri berarti bagian dari anggota tubuh yang harus di tutupi. Sedangkan larangan menutup aurat bagi wanita yang dikatakan oleh mayoritas ahli fiqh menyatakan bahwa” berkaitan dengan lelaki asing(bukan mahram dan bukan suami),seluruh tubuh wanita adalah aurat kecuali muka dan kedua telapak tangan”.Sedangkan  Hukumnya Wajib Untuk Wanita menutup aurat.
Saat kita telah menunaikan kewajiban untuk menutup aurat, hendaknya apa yang sudah menjadi prinsip kita, peganglah dengan teguh. Dengan tetap menjaga hati dan pandangan, semata-mata hanya karena Allah. Cantik pada parasmu akan hilang seiring berjalannya sang waktu. Akan tetapi, cantik pada hatimu takkan pernah lekang, sekalipun sang waktu telah meninggalkanmu.
Jilbab yang dikenakan haruslah menyembunyikan mahkota diri, laksana sekuntum mawar berduri, yang terlihat cantik dengan durinya. Bukan untuk menyakiti, tapi untuk menjaga diri agar kelak diizinkan Ilahi menghiasi taman firdausi.
            Alangkah indahnya ketika jilbab itu diulurkan ke segenap tubuh yang telah Allah tentukan, disertai dengan pancaran akhlak mulia. Maka, terlihat anggunlah si wanita yang insya Allah atas izin Sang Maha Pencipta, kelak ia akan dijadikan bunga pengharum taman surga, bagaikan haruman mewangi dari kuntuman kasturi.
C.Hal-Hal Yang Menyebababkan Wanita Enggan Berhijab
 Wanita sekarang enggan berhijab karena generasi muda islam  mengidolakan tokoh barat atau Asia yang kebarat-baratan(westernisasi),dan itu sangat mungkin.Mereka mengidolakan lalu mereka mulai meniru gaya dari tokoh tersebut,sampai-sampai baju setengah jadipun mereka pakai.
Dari yang saya temukan kebanyakan wanita tidak ingin berhijab disebabkan beberapa alasan tertentu yaitu:
1.Gerah jika digunakan karena tidak biasa mengenakannya.
2.Takut susah dapat pekerjaan dan jodoh.
3.Tidak modis.
4.Takut Terlihat jelek.












D.Perbedaan Wanita berhijab Dengan Wanita tidak berhijab
 
Perbedaan wanita yang mengenakan hijab dan tidak, sungguh terlihat jelas. Seperti halnya, ketika seorang wanita berhijab berjalan di tengah kerumunan orang banyak, seringkali orang-orang yang berada di tempat itu mengucapkan salam yang merupakan doa. Sedangkan wanita yang tidak mengenakan jilbab dengan pakaian serba terbuka, mereka kerap kali diganggu dengan godaan-godaan kaum Adam yang begitu mengganggu ketenteraman jiwa.
            Yang tertutup itu akan terlihat jauh lebih indah. Seperti halnya, jika kita mempunyai sebuah buku. Buku yang tersampul rapi akan lebih terlihat menarik, dibandingkan dengan buku yang tidak bersampul. Itulah penggambaran seorang wanita yang mengulurkan jilbab sebagai penutup kepalanya.






4. KESIMPULAN

            Berhijab adalah salah satu kewajiban dari perempuan muslimah yang tidak bisa dianggap sepele. Bahkan dengan cara berhijab perempuan akan menaikkan derajatnya  dan akan selalu merasa aman saat berada di dalam maupun diluar lingkungan rumah.
            Dari pernyataan-pernyataan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa islam sangat mewajibkan bagi setiap perempuan muslim untuk berhijab.












DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar