jam gadget animation

A

Selasa, 24 Juni 2014

Makalah Sistem Transportasi

SISTEM TRANSPORTASI




KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat ALLAH yang maha Esa, serta rahmat dan hidayahnya kami dapat Menyelesaikan tugas makalah ini tepat pada waktu yang telah di tentukan dengan kemampuan kami yang terbatas.
Saya menyadari bahwa di dalam pembuatan  makalah ini tidak lepas dari batuan berbagai pihak , untuk itu dalam kesempatan ini saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih   kepada semua pihak terutama kepada keluarga kami , dan kepada samua pihak yang membantu ter hadap partisipasinya .
Saya menyadari bahwa dalam proses penulisan  makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, saya telaah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan ytang di miliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya ,saya dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan , dan usul guna penyempurnaan makalah ini.






                                                Sumenep,10 juni 2014                            
                                                Penyusun
                                   



BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Sistem transportasi merupakan system peredaran darah Manusia termasuk system peredaran darah tertutup. artinya darah mengalir pada pembuluh darah .  system peredaran pada manusia juga di sebut system peredaran darah rangkap , dalam satu kali edar, darah melewati jantung selama dua kali.saat darah mengalir pada paru-paru dan saat darah beredar menuju ke seluruh tubuh . peredaran darah dari  jantung menuju paru-paru dan kembali  ke jantung  di sebut  peredaran darah kecil sementara itu .


1.2 Rumusan masalah
 1.Bagaimana pengertian darah, dan macam-macam penyakitnya                   
 2.jelaskan struktur jantung, dan macam-macam penyakitnya
 3.jelaskan pengertian pembuluh darah, dan macam-macam penyakitnya   
1.3 Tujuan
        1.Untuk mengetahui dan memahami pengertian,system transportasi
            2.Untuk mengetahui macam-macam penyakit yang ada dalam sistim               
    Transportasi
3. Untuk mengetahui dan memahami dan cara penanggulanganya 

BAB II
PEMBAHASAN
   1.a  peredaran darah dan macam-macam penyakitnya 
     Sistem paredaran darah pada manusia termasuk system peredaran darah tertutup. Artinya darah mengalir dari pembuluh darah. System peredaran darah pada manusia juga di sebut peredarn darah rangkap. Artinya dalam satu kali edar,darah melewati jantung sebanyak dua kali. Saat darah beredar pada paru-paru dan saat darah beredar menuju seluruh tubuh. Peredarn darah dari jantung menuju paru-paru dan kembali ke jantung di sebut  peredaran darah kecil. Sementara itu, saat darahberedar dari jantung  ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung di  sebut  peredaran darah besar.
    Sistem peredaran darah mempunyai fungsi sebagai berikut.
1.Mengangkut zat makan dan zat sisa hasil metabolism
2.Mengangkut zat buangan dan substansi beracun menuju hati untuk di netralkan
3.Mengangkut zat buangan dan sustansi begrcun menuju ginjal untuk di buang
4.Mendistribusikan hormon dari kelenjer dan organ yang memproduksinnya ke sel-sel tubuh yang membutuhkan
5. Mengatur suhu tubuh melalui aliran tubuh
6. Mencegah hilangnya darah melalui mekanisme pembekuan darah
7. Melindungi tubuh dari bakteri dan virus dengan mensirkulasikan antibodi dan sel                     darah putih
    Sistm peredaran darah memilik tiga komponen  utama sebagai berikuti :   
1.Darah, berfungsi sebagai medium pengangkut zat makanan, udara, dan zat buangan
2. Jantung, berfungsi memompa darah sehingga dapat beredar ke seluruh tubuh
             3. Pembuluh darah, sebagai saluran tempat darah beredar ke seluruh tubah
    1. DARAH       
         Manusia rata-rata mempunyai enam liter darah atau sekitar 8% dari totalk berat badan manusia. Apabila contoh di ambil kemudian di masukkan ke dalam tabung reaksi lalu di sentrifugasi maka tampak darah tersusun atas 55% plasma darah dan 45% sel-sel darah
a.      Plasma darah
Plasma darah terdiri atas 90% air dan 10% sisanya zat-zat yang terlarut di dalamnya. Kandungan plasma darah beserta fungsinya dapat anda cermati dalm ntabel berikut.
    No    kandungan plasma darah       fungsi
     1     air                                            sebagai pelarut zat-zat lain
     2     hormon                                   mempengaruhi aktivitas organ yag dituju
     3     karbon dioksida                       hasil respirasi sel yang dibawa ke paru-paru untuk bibuang
     4     samaph nitrogen                     hasil metabolism yang akan diekskresikan ke ginjal
b.      Sel-Sel darah
      Di dalam darah terdapat tiga macam sel darah yaitu sel darah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keeping darah(trombosit).
        1.sel darah merah (Eritrosit)
   Karakteristik sel darah merah sebagai berikut.
a)      Eritrosit merupankomponen utama sel darah merah yaitu sekitar 99%. 
b)      Brerbentuk bikonkaf, sehingga memiliki permukaan yang tinggi
c)      Tidak berinti, sehingga tidak bias hidup lama
d)      Saat dalam rahim ibu, eritrosit di bentuk dalam hati dan limpa. Setelah di lahirkan, eritrosit dibentuk  di sumsum tulang. Misalnya di tulang dada, tulang lengan atas, tulang kaki atas, dan tulang pinggul.
e)      Umur eritrosit sekitar 120 hari. Setelah mati akan di rombak dalam hati menjadi bilirubin dan biliverdin(zat warna empedu). Zat besi hasil perombakan tersebut kemudian di kirim ke hati dan limpa  untuk di gunakan membentuk eritrosit baru.
         2. Sel darah putih (leukosit)
               Karateristik sel darah putih sebagai berikut:
a)      Leukosit memiliki inti sel, sehingga dapat bertahan hidup berbulan-bulan
b)      Tidak mengandung hemoglobin sehingga tidak berwarna merah
c)      Ukurnya lebih besar dari pada eritrosit
d)      Leukosit di bentuk di dalam sumsum merah, limpa, dan kelenjer getah bening atau kilenjer limfe.
Sel darah putih berdasarkan krateristik sitoplasnya dapat di bagi menjadi dua yaitu granulosit dan agranulosit      
a)      Granulosit merupakan sel darah putih yang sitoplasmanya bergranula. Granalosit terdiri atas neutrofil ,eosinofil,dan basofil
1)      Neutrofil merupakan sel darah putih yang granulanya menyerap zat warna yang bersifat netral. Neutrofil ini merupakan komponen terbesar dalam sel darah putih. Neutrofil berfungsi memakan kuman penyakit, contoh bacteri.
2)      Eosinofil merupakan sel darah putih yang granulanya menyerap zat warna yang bersifat asam. Jumlah eosinofil dalam sel darah putih sekitar 2%. Fungsi sel ini untuk mengatasi jenis-jenis penyakit karena energi.
3)      Basofil merupakan sel darah putih yang granulanya menyerap zat warna yang bersifat basa. Basofil ini menghasilkan heparin yang berfungsi dalam proses pembekuan darah.
b)      Agranulosit merupakan sel darah putih yang sitoplasmanya tidak bergranula. Kelompok sel ini meliputi linfosit dan monosit. Limposit tidak dapat bergerak dan berfungsi untuk membentuk antibody yang berperan dalam menjaga kekebalan tubuh. Sementara itu, monosit merupakan sel darah putih yang dapat bergerak seperti Amoeba dan bersifat fagosit. Manosit ini diproduksi pada jaringan limfe.
3.  Keping darah (Trambosit)      
Keping darah (trambosit) merupakan fragmen-fragmen besar sel yang di sebut     megakorosit. Karateristik keeping darah sebagai berikut.
a)      Keeping darah berukuran kecil, bentuknya tidak beraturan.
b)      Kepig darah tidak berinti sehingga berumur pendek.
c)      Masa hidup keping darah +10-12 hari.
d)      Dalam setiap milliliter darah terdapat keeping darah sekitar 200.000-400.000 butir.
Keping darah ini berperan dalam proses pengumpulan darah. Mekanisme pengumpulan      darah sebagai berikut.
Apabila pembuluh darah rusak,terluka atau terpotong maka darah akan mengalir keluar dari pembuluh darah. Akan tetapi, darah tersebut akan berhenti mengalir keluar karena terjadi proses pengumpulan darah.didalam plasma darah terdapat trambosit yang akan pecah jika menyentuh permukaan yang kasar. Jika trambosit pecah, enzim tramboplastin yang di kandungnya akan keluar bercampur dengan plasma darah. Dalam plasma darah terdapat juga protrombin. Protrombin akan di ubah menjadi thrombin oleh enzim tromboplastin. Perubahan protrombinmenjadi tombin di picu oleh ion kalsium (Ca2+). Pembentukan protrombin memelurkan vityamin K.
Thrombin berfungsi sebagai enzim yang dapat mengubah fibrinogen menjadi fibren. Fibrinogen adalah suatu protein yang terdapat dalam plasma sedangkan fibren adalah protein berupa benang-benang yang tidak larut dalam mala mini. Benang-benang fibrin yang terbentuk akan saling bertautan sehingga sel-sel darah merah beserta plasma akan terjaring dan menbentuk gumpalan. Jaringan baru akan terbentuk menggantikan gumpalan tersebut dan luka akan menutup.
     c. Golongan darah
seorang dikatakan mengalami kekurangan darahketija volume darahnya kurang dari normal. Kekurangan darah dapat di sebabkan karena oleh penyakit atau luka. Agar fungsi transportasi tidak terganggu diperlukan trafusi darah.
Meskipun semua jenis darah tampaknya sama, tetapi kandungan proteinnya sangat beragam. Apabila protein asing yang yang tidak sesuai masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan berusaha untuk membunuhnya dengan cara pengumpalan (aglutinasi). Protein asing tersebut dinamakan antigen atau aglutinogen. Adapun penyebab timbulnya zat penolak dinamakan antibodi atau aglutinin. Aglutinogen terdapat didalam eritrosit, sedangkan aglutinin terdapa dalam plasma darah.
Pada tahdun 1900 karl Landsteiner seorang ahli imunologi menemukan perbesaan aglutinogen dan aglutinin yang terkandung dalam darah manusia. Atas dasar inilah Landsteiner memperkenalkan system ABO yang membedakan darah ke dalam empat golongan sebagai berikut.
1)      Golongan darah A
Apabila  eritrosit seseorang mengandung aglutinogen A, sedangkan plasma darahnya mengandung aglutinin B(anti-B) maka orang tersebut bergolongan darah A.
2)      Golongan darah B
Apabila eritrosit seseorang mengandung aglutinogen B, sedangkan plasma daranya mengandung aglutinin a (anti-A) maka orang tersebut bergolongan darah B.
3)      Golongan darah AB
Apabila eritrosit seseorang mengandung aglutinogen A dan aglutinogen B, sedangkan plasma darahnya tidak mengandung aglutinin maka orang tersebut bergolongan darah AB
4)      Golongan darah O
Apabila eritrosit seseorang mengandung aglitinogen, sedangkan plasma darah mengandung aglutinin a dan aglutinin B maka orang tersebut bergolongan darah O.
        Tabel golongan darah
               Golongan darah                         aglutinogen                         aglutinin
                        A                                              A                                              B
                        B                                              B                                              a
                        AB                                       A dan B                                         -
                        O                                             -                                         a dan B
     2. b  Macam- Macam Penyakit 
            1) Anemia
            Anemia merupakan penyakit kekurangan darah hemoglobin, fe, dan ritrosit dalam tubuh. Gejalanya muka pucat, lesu, sakit kepala, dan gangguan menstruasi.
            2) Leukumia
            Leukemia merupakan kondisi produksi sel darah putih melebihi batas normal. Leukemia dapat twrjadi karena adanya jaringan penghasil sel-sel darah tumbuh secara abnormal. Leukemia juga di sebabkan oleh infeksi virus, terkena sinar radioaktif, terkena zat-zat kimia, serta factor keturunan (genetis). Gejala penyakit ini yaitu pucat,lesu,demam,dan pendarahan.
3)Thalesemia
Thalesemia merypakan penyakit yang di sebabkan oleh adanya gangguan produksi hemoglobin dan eritrosit. Thalasemia merupakan penyakit keturunan/genetic. Gejalanya antara lain anemia, pembesaran limfa, bentuk tulang abnohormal, dan gangguan pertumbuhan.
4)Sickle cell
Sickle cell merupakan suatu penyakit yang di tandai dengan benntuk sel darah merah menyerupai bulan sabit. Sel darah merah yang berbentuk bulan sabit tersebut mudah saling tindih pada pembuluh darah. Akibatnya, sel darah tersebut menyumbat pembuluh darah dan terjadi hemotisis(pecah). Selain itu, sel darah merah dengan bentuk bulan sabit memiliki daya ikat yang lemah terhadap oksigen.

   2.a  STRUKTUR  JANTUNG DAN MACAM-MACAM PENYAKITNYA
         A. JANTUNG
            a) Struktur jantung
jantung merupakan organ yang sangat penting pada proses peredaran darah. Jantung manusia terdiri atas empat ruang, yaitu atrium kanan dan kiri serta ventrikel kanan dan kiri. Secara struktur, dinding atrium lebih tipis daripada dinding ventrikel. Hal ini karena ventrikel kiri memerlukan kekuatan yang lebih besar untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Atrium kiri dan kanan dipsahkan oleh sekat yaitu septum atrioreum/ septum interventrikularis. Saat embrio sekat atrium belum tertutup, sehingga pada sekat ini terdapat lubang. Lubang tersebut di namakan foramen ovale, sedangkan atrium dan ventrikel di namakan septum atrioventrikularis.
Selain sekat jantung juga memiliki ketup yang disebut valvula. Katup jantung yang berada di antara atrium kanan dan ventrikel kanan di sebut valvulabikuspidalis. Katup-katuo tersebut berfungsi untuk menjaga agar darah dalam jantung tidakkembali ke tempat semula.
Otot jantung (miokardium) mremiliki struktur seperti otot lurik tetapi bercabang-cabang. Otot jantung di sarafi oleh saraf tidak sadar. Saraf tesebut menempel di jantung bagian tengah, di antara dua bilik sebagai berkas yang menyebar/berkas His.
Saat melakukan fungsinya, jantung berdenyut dengan siklus kontraksi-relaksi.periode relaksasi yaitu atrium menguncap dan ventrikel mengembang (relaksasi) kondisi ini di sebut diastole. Pada umumnya, orang dewasa yang normal memiliki tekanan sistol kurang kebih 120 mmHg dan tekanan diastole kurang lebih 80 mmHg. Tekanan darah ini dapat di ketahui menggunakan alat tensimeter atau spigmomanometer.
         2. b Macam-macam penyakit pada jantung
  1.) jantung koroner
Penyakit ini di sebabkan adanya penyumbangan pada artikel kecil di dinding jantung yang terjadi karena penebalan dinding jantung sebelah dalam. Akibatnya, aliran darah menjadi kurang kancar. Penyumbatan ini dapat maenyebabkan sel-sel otot jantung mengalami kematian sehingga terjadi gangguan dalam kontraksi otot.

.              2.) Gagal jantung
Gagal jantung HEART FAILURE merupakan penyakit jantung yang paling menakutkan.biasanya jantung penderita berdetak tidak normal atau berdetak sebagaimana mestinya.
  3.) Pericarditis
Pericarditis adalah penyakit radang yang mengitari lapisan jantung yang disebabkan oleh infeksi. Namun penyakit ini jarang terjadi.
4.)Irama Jantung Abnormal
Jantung secar normal berdetak 60-100 kali per menit (sekitar 100 ribu/hari).  Jantung yang berdetak tidak normal disebut arryhytmia atau dysrhythmia. Jantung yag berdetak lambat (di bawah 60 kali/menit) disebut bradyarrhytmia, sedangkan yang cepat (berdetak di atas 100 kali/menit) disebut tachyarrhytmia.
5.) Heart Valve Disease
Penyakit ini merupakan gangguaan jantung akibat rusaknya katup jantung. Katup jantung ini berfungsi sebagai pengatur aliran darah yang masuk searah menuju jantung.
6.) Cardiomyopathies
Gangguan otot jantung yang ditandai dengan adanya pembesaran atau pengecilan jantung secara tidak normal, sehingga jantung menjadi kaku. Akibatnya jantung biasa melemah sehingga jantung memompa secara tidak normal.
     3.a  PENGERTIAN PEMBULUH DARAH DAN PENYAKITNYA
             Pembuluh darah pada manusia dibedakan menjadi dua macam, yaitu arteri dan vena.
a.)    Pembuluh nadi (Arteri)
I     stilah arteri biasa di gunakan untuk pembuluh darah yang alran darahnya mengalir meninggalkan jantung. Arteri berfungsi membawa dari jantung. Dinding arteri terdiri atas tiga lapisan yaitu lapisan terdalam yang berypa sel-sel epitel yang disebut endothelium. Dan lapisan tengahterdiri atas otot polos. Lapisan tengah ini berfungsi mengatur aliran darah dan tekanan darah. Sementar itu, lapisan terluar berupa jaringan ikat yang kuat dan elastic.
Arteri ada dua, yaitu arteri pulmonalis dan aorta. Arteri pulmonalis berfungsi membawa darah kaya O2 dari jantung menuju paru-paru. Aorta berfungsi membawa darah kaya O2 dari jantung ke seluruh tubuh.
Arteri bercabang-cabang hingga membentuk pembuluh yang diameternya lrbih kecil.pembuluh ini di sebut arteriola, Arteriola bercabang-cabang lagi hingga membentuk saluran halus yang berhubungan langsung  dengan jaringan.
b.)   Pembuluh balik (vena)
Vena digunakan untuk pembuluh darah yang aliran darahnya mengalir kembali menuju jantung. Vena terdapat tiga macam yaitu vena cava inferior superior, yang berfungsi membawa darah yang kaya CO2 dari tubuh bagian atas,  vena cava inferior membawa darah kaya CO2 dari tubuh bagian bawah serta vena pulmonalis yang berfungsi membawa darah kaya CO2 dari paru-paru
      Vena lebih mudah dilihat mata, karena vena berada di lapisan atas dekat dengan permukaan kulit dan berwarna kebiruan.pembuluh ini di mulai dari pembuluh darh kapiler.berdasarkan aliran darahnya,pembuluh darah ada dua macam yaitu:
1.      Pembuluh darah yang meninggalkan jantung terdiri atas arteri,arteriola dan kapiler.
2.      Pembuluh darah yang masuk ke jantung terdiri atas vena dan venula.
    3.b Macam-macam penyakit pada pembuluh darah
a.Hipertensi
Hipertensi di sebabkan oleh tekanan darah yang tinggi di dalam arteri. Terjadi bila nilai ambang tekanan sistolik antara 140-200 mmHg atau lebih, dan nilai ambang tekanan distolik antara 90-110 mmHg atau lebih.
b.Varises
varises merupakan pelebaran pembuluh darah balik (vena). Varises biasanya trjadi di kaki terutama di bagian betis. Sementara itu, varises terjadi di dekat anus disebut ambeien. Varises di sebabkan oleh pembengkakan vena.
c.Sklerosis
arteri mempunyai sifat elastic. Arterioskllerosis dan atherosclerosis dapat mengakibatkan hal-hal berikut.
1.      Kekurangan iksigen pada organ-organ tertentu.
2.       Meningkatkan tekanan darah secara keseluruhan.
3.      Penumpukan lemak di arteri koroner dapat menghambat sel-sel darh.



































BAB III
                                                                             PENUTUP
A.     Kesimpulan
Peredaran darah atau system transportasi, saat jantung berkontraksi, atrium dan ventrikel mengembang serta menguncup secara bargantian. Apabila atrium mengembang jantung mengisap darah dari seluruh tubuh melalui pembuluh balik (vena kava superior dan vena kava inferior). Darah yang diisap ini masuk ke atrium kanan  dan darah dari vena pulmonalis yang kaya oksigen masuk ke atrium kiri.
Bila atrium menguncap maka ventrikel mengembang dan darah mengalir dari atrium ke ventrikel,. Ventrikel merupakan bagian jantung yang berfungsi memompa darah meninggalkan jantung.
Saat ventrikel menguncap dari ventrikel kiri, darah yang kayaoksigen di pompa ke seluruh tubuh melalui aorta, sedangkan dyang kaya CO2 di pompa dari ventrikel kanan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis. Setelah darah terpompa keluar, otot ventrikel mengendur dan mengalami relaksasi.





















DAFTAR PUSTAKA
 Kimball, j.w.1988. Biologi. Edisi kelima.jakarta:Erlangga.
Mader, S.S. 1988. Biologi. 6 thn Edition.new York: The McGraw-Hill Companies
Wigahati Hadi Omegawati.Biologi. 2010. PT.intan. pariwara


SOAL DAN JAWABAN

1.        Mengapa system peredaran darah manusia di sebut sebagai system peredaran darah ganda dan system peredaran tertutup ?
Jawaban : disebut system peredaran darah ganda karena darah melewati jantung sebanyak dua kali,yaitu saat darah beredar dari jantung – paru-paru jantng dan dari jantung – seluruh tubuh – jantung. Di sebut peredaran darah tertutup karena darah selama beredar ke seluruh tubuh selalu melewati penbuluh.
2.        Apakah yang harus diperhatikan ketika akan mendonrkan darah !
Jawaban :hal yang harus diperhatikan saat mendonorkan darah yaitu harus sama golongan darahnya.  Hal ini untuk menghindari terjadinya pengumpalan.
3.        Mengapa ventrikel kiri mempunyai struktur lebih tebal dari pada vventrikel kanan ?
Jawaban : karena peranan ventrikel kiri lebih berat dari pada ventrikel kanan yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, ventrikel kanan hanya memompa darah ke paru-paru.
4.        Apa nama kelainan darah yang menyebabkan darah sukar membeku ?
Jawaban : ialah di sebut Hemophilia
5.        Apa yang harus di waspadai oleh penderita terhadap gangguan darah !
Jawaban : maka kita harus berhati-hati dalam beraktivitas agar tubuhnya tidak terluka dan mengeluarkan darah
6.        Jelaskan perbedaan pembuluh darah vena dan arteri ?
Jawaban : vena di gunakan untuk pembuluh darah yang mengalir kembali ke jantung, sedangkan arteri  ialah di gunakan untuk pembuluh darah yang mengalir meninggalkan jantung.
7.        Jeaskan pengertian jantung ?
Jawab: Jantung ialah merupakan organ yang sangat penting pada proses peredaran darah
8.         Sebutkan krateristik keping darah ?
a .keping darah berukuran kecil,bentuknya tidak beraturan
b. keeping darah tidak berinti sehingga berumur pendek
c. masa hidup keeping darah 10-11 hari
d. dalam setiap milliliter terdapat sekitar200.000-400.000 butir.
9.         sebutkan  komponen darah secara umum ?
Jawaban : darah terdiri atas plasma darah (55%) dan sel darah (45%) plasma darah terkandung air, protein, garam-garaman, nutrient, hormon, dan keeping darah.
10.    apakah pembuluh darah yang paling besar ?
Jawaban : ialah aorta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar