jam gadget animation

A

Jumat, 20 Juni 2014

lemahnya penguasaan matematika

Cara Mengatasi lemahnya penguasaan matematika


Berdasarkan empat masalah diatas, maka berikut ini diajukan beberapa alternatif untuk mengatasi hal tersebut, yaitu :
1)      Bagi siswa yang kurang menyukai matematika
Untuk mengatasinya guru harus berusaha menerapkan suatu metode mengajar yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa berdasarkan prinsip-prinsip dasar. Pendapat dari guru matematika dapat menjadi pertimbangan sebagaimana dituturkan saat wawancara dengan penulis, yaitu :
a)         Memulai pembelajaran dengan contoh aplikasi materi berkenaan dalam kehidupan sehari-hari.
b)        Dalam memberikan contoh soal, usahakan soalnya mulai dari yang mudah ke yang sulit dan dari yang konkrit ke yang abstrak.
c)         Menjelaskan keterkaitan materi berkenaan dengan materi pada mata pelajaran lain.
d)        Memberikan permainan matematika dalam materi berkenaan.
e)         Mengusahakan cara praktis dalam pengerjaan soal dan memahami materi.
f)         Mengenali kelas yang diajar, terutama beberapa siswa yang bermasalah dalam belajar.
g)        Bagi siswa yang dasar-dasar matematikanya kurang dengan memberikan tugas khusus.

2)        Bagi siswa yang kurang memahami pengertian sulit membaca dan menuturkan

Pada saat pembelajaran harus dimantapkan penguasaan pengertian dari materi, seperti dengan menyuruh beberapa orang siswa melafalkan dibangku masing-masing.

3)      Bagi siswa yang sulit melakukan perhitungan
Guru harus banyak memberikan soal-soal dalam bentuk kuis atau mengerjakan soal-soal dalam buku paket, dimana siswa dibimbing mengerjakan soal dibangku dan kedepan kelas. Soal yang diberikan mulai dari yang mudah sampai yang sulit seperti soal UAN. Hal ini sesuai dengan pendapat Ngalim Purwanto(1990: 103) sebagai berikut: “Karena terlatih,karena seringkali mengulang sesuatu maka kecakapan dan pengetahuan yang dimilikinya dapat menjadi makin dikuasainya dan makin mendalam. Sebaliknya tanpa latihan pengalaman – pengalaman yang telah dimilikinya dapat menjadi hilang atau berkurang. Karena latihan, karena sering mengalami sesuatu, seseorang dapat timbul minatnya kepada sesuatu itu. Makin besar minat makin besar pula perhatiannya sehingga memperbesar hasrat untuk mempelajarinya”.

Alternatif-alternatif yang dikemukakan diatas, diharapkan dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dalam matematika dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar